Menghitung Luasan Volume Atap Baja Ringan

Trik atau Cara Simple Menghitung Luasan Volume Atap Baja Ringan Pakai Rumus sangat mudah dipahami, hanya memerlukan sedikit tekhnik sederhana sehingga luasan real sangat mendekati dengan luasan atap baja ringan menghitung pakai rumus. Rangka atap baja ringan adalah sebuah perkembangan teknologi baru struktur atap yang mana menggunakan baja kuat tetapi ringan. Baja yang digunakan adalah baja jenis cold rolled coil (CRC) yang memiliki mutu yang tinggi (Kuat tarik 550 Mpa) dengan bentuk profil seperti huruf C atau O. Rangka atap baja ringan memiliki beberapa elemen utama, yaitu kuda-kuda dan bracing, reng, baut, dinabolt dan talang jurai.

bajaringan


Banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung atau menentukan kerangka besi atau sejenisnya, hal itu dikarenakan untuk mengetahui luas total dari rangka atap baja tersebut memerlukan teknik khusus yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang terlebih lagi bagi yang masih awam soal teknik bangunan, fungsi utama dari menghitung luas yaitu anda bisa mengetahui berapa keperluan dari baja yang anda butuhkan untuk membuat hingga jadi, dengan begitu anda tidak lagi kesulitan untuk mengetahui berapa besaran rupiah yang nantinya dikeluarkan. Selain itu dengan menghitung sendiri luas rangka atap baja ringan maka anda tidak perlu repot-repot mencari kontraktor atau tukang bangunan.
Bisa dikatakan cara menghitung luas rangka atap baja ringan gampang-gampang susah, hal itu berkaitan dengan kebiasaan ataupun teknik yang harus dipelajari. Bagi orang yang sudah mengetahui tata caranya maka bisa dikatakan sangat mudah sekali namun buat mereka yang masih baru pertama kali mencoba atau beberapa kali sudah pasti mengalami kesulitan bahkan bisa membuat frustrasi. Untuk itu kami sarankan Anda terus mencoba belajar cara menghitung luas rangka atap baja ringan tersebut hingga benar-benar bisa jadi dengan demikian teknik tersebut bisa anda gunakan sewaktu-waktu.
Ada beberapa keuntungan rangka atap baja ringan bila dibanding dengan rangka atap baja konvensional, yaitu :
Material atap baja ringan memiliki kekuatan yang tinggi tetapi memiliki bobot yang ringan sehingga menghemat struktur bangunan.
1. Lebih tahan karat dan tidak memerlukan finishing cat lagi.
2. Mutu materialnya tidak berubah-ubah sehingga tidak lapuk karena usia lanjut.
3. Material baja ringan tidak terpegaruh serangan rayap.
4. Material baja ringan termasuk material yang ramah lingkungan.
5. Mudah pemasangannya dan lebih cepat, bisa dipabrikasi terlebih dahulu lalu dipasang di lokasi.
Dalam penawaran, rangka atap baja ringan biasanya dihitung dalam satuan m2. Untuk menghitung volume rangka atap baja ringan bisa dipakai rumus sebagai berikut :
Misalkan ukuran sebuah bangunan adalah 9 x 9 meter dengan overstek masing-masing di keempat sisi 1 meter dengan derajat kemiringan 35 derajat, maka dapat kita hitung volume rangka atap baja ringan bangunan tersebut sebagai berikut :

Rumus : Cara Menghitung Atap Baja Ringan

Panjang Bangunan = 9 + 1 + 1 = 11 m
Lebar Bangunan = 9 + 1 + 1 = 11 m
Derajat Kemiringan = cos 35 = 0.819
Volume = 11 x 11 / 0.819 = 147.7 m2
Jadi hasilnya volume atap tersebut yaitu 147.7 m2
Sangat mudah bukan? jadi Cara Simple Menghitung Luasan Volume Atap Baja Ringan Pakai Rumus ini memang sangat membantu untuk mengestimasi kebutuhan material dan juga harga per meter persegi rangka atap baja ringan sesuai dengan budget anda. Semoga bermanfaat dan apabila anda memiliki rencana pembangunan rumah baru ataupun renovasi atap menggunakan baja ringan, kami siap membantu anda secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pemasangan rangka dan atap.

Hubungi :
WhatsApp Image 2018-05-06 at 22.13.29
WhatsApp Image 2018-05-06 at 22.13.29
WhatsApp Image 2018-05-06 at 22.14.02
Diposting oleh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Besi

Besi-( Sumber:Wikipedia)