Cara - cara pemasangan rangka atap Baja Ringan SNI yang baik dan benar.


Cara - cara pemasangan rangka atap Baja Ringan SNI yang baik dan benar.


thumbnail 1 summary
           Sebenarnya tidak akan terjadi sebuah kecelakaan fatal jika tidak terjadi apa yang dinamakan human error atau kesalahan manusia. Banyak rangka atap baja ringan yang sudah terpasang ambruk dan roboh. Kemungkinan yang terjadi adalah adanya kesalahan manusia atau pemasang yang tidak terlalu serius dalam memperhitungkan sesuatu seperti berat bobot penutup atap yang dipakai, terlalu banyak bongkar pasang baut, tidak memperhatikan bolt yang terpasang pada ring balok, dan masih banyak lagi kemungkinan - kemungkinan lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.
      

Berikut adalah langkah - langkah memasang rangka atap baja ringan dengan baik dan benar menurut 
        Alat dan Bahan :
1. CNP Baja ringan SNI
2. Reng Standar
3. Scrup 10 x 19 ( scrup minimal )
4. Gunting baja ringan.
5. Kabel panjang ( minimal 1 terminal dan 2 untuk pemasang )
6. Bor beserta socket dan matabornya.
7. Palu, Water pass selang, benang, dan spidol permanent.
8. Grinda tangan untuk mengantisipasi baja yang susah dipotong.
9. Dynabolt ( minimal umuran panjang 5 cm )
 
 
     
       Cara pengerjaan :
1. Tentukan ukuran badan bangunan yang akan dipasang baja ringan ( p x l ).
2. Tentukan jenis atap dan kemiringan yang akan dibuat.
3. Jika sudah didapatkan ukuran tersebut, mulailah merakit kuda - kuda yang standar.
4. Jangan lupa jika atap limasan harus dibuatkan kuda - kuda trapesiumnya.
5. Jika sudah selesai perakitan, buat breket sebanyak titik tumpuan kuda - kuda pada ring balok.
6. Gunakan Dynabolt untuk menempelkan breket padaring balok ( jangan pakai paku beton ).
7. Jika sudah, tinbang lah dengan menggunakan waterpass selang.
8. Kemudian tarik benang dan beri tanda dengan spidol supaya kuda - kuda berdiri sejajar.
9. Mulailah mendirikan kuda - kuda satu persatu pasangkan pada breketnya.
10. Setelah berdiri mulailah pasangkan tali angin atau bracing nya.
11. Untuk bracing diagonal diutamakan untuk menggunakan canal atau CNP supaya lebih kuat.
12. Jika sudah terpasang tali angin, mulailah membuat mal genteng untuk pengerengan.
13. Jika ada aluminium foil, lakukan pengerengan setelah pemasangan foil.
14. Buatkan dudukan lisplang dengan satu bentangan, jangan terpotong - potong supaya rapi.
Alumunium Foil Dibawah Reng Baja Ringan SNI


Pemasangan Bracket dengan dynabolt Baja Ringan SNI


Kuda- kuda yang telah berdiri Baja Ringan SNI


TIPS :
        Berikan kepuasan kepada konsumen dengan memberikan pemasangan yang maksimal. Jangan pernah mempunyai fikiran untuk memperirit bahan material, karena ini yang akan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan fatal.
        Sesuaikanlah harga dengan spesifikasi pemasangan dan material, jangan membontang banting harga. Hal ini supaya tidak menyebabkan kerugian.
       Pilihlah tenaga ahli yang berpengalaman supaya tidak terjadi hal - hal yang diinginkan.
   
        Lakukan pemasangan sesuai dengan prosedur dan standar yang sudah ditentukan, dan jangan lupa untuk safety terhadap pasukan pemasang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Besi

ABDITRASS LINK